Evaluasi Adalah: Pengertian, Jenis, Tahapan, dan Tujuan

Artikel kali ini akan membahas tentang evaluasi adalah meliputi pengertian, jenis, tahapan, dan tujuannya.

Bagi Kebanyakan orang masih banyak yang belum memahami makna kata evaluasi Padahal kita sering mendengar kata tersebut digunakan di dalam suatu kalimat.

Evaluasi adalah penilaian kinerja di mana seseorang telah melakukan pekerjaan atau pembelajaran yang ada uji kompetensinya, uji Kompetensi ini harus dihadapi untuk menguji pemahaman seseorang terkait pembelajaran atau pekerjaan yang sudah mereka kerjakan.

Evaluasi adalah juga berarti proses penilaian untuk mengukur efektivitas strategi yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan.

Yang kemudian data hasil perolehan evaluasi akan menjadi hasil pengukuran yang digunakan sebagai analisis situasi program yang akan datang.

Pengertian evaluasi

Evaluasi adalah salah satu cara terbaik untuk menguji efektivitas dan produktivitas di berbagai bidang kehidupan sehari-hari.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pengertian evaluasi merupakan penilaian kinerja setelah melakukan suatu pekerjaan atau pembelajaran yang dijadikan tolak ukur suatu penilaian.

Evaluasi bisa dilakukan di dalam lingkup individu ataupun kelompok dengan tujuan untuk memperbaiki kekurangan dan kendala di dalam suatu proses kegiatan.

Hal ini tentu saja dilakukan agar pekerjaan yang kita lakukan tetap Sesuai dengan standar atau rencana awal dan tujuan yang ingin dicapai.

Secara umum, evaluasi adalah proses penilaian, pengukuran, pengkoreksian, dan perbaikan suatu kegiatan yang diadakan dengan membandingkan proses rencana dengan hasil yang akan dicapai.

Evaluasi juga bisa berarti sebagai suatu kegiatan mengumpulkan informasi tentang kinerja seseorang atau sesuatu bisa berbentuk manusia, peralatan, atau metode yang informasi tersebut nantinya akan digunakan untuk menentukan alternatif jalan terbaik demi membuat suatu keputusan.

Secara sederhana, evaluasi adalah proses yang bisa membantu seseorang atau sekelompok orang mencapai tujuan yang diinginkan lewat penilaian hasil kerja.

Pengertian evaluasi menurut para ahli

Evaluasi Adalah: Pengertian, Jenis, Tahapan, dan Tujuan

Anne Anastasi

Evaluasi adalah Proses sistematis untuk menentukan tujuan instruksional yang sudah dicapai oleh seseorang, evaluasi juga berarti suatu kegiatan untuk menilai secara terencana, terarah, dah sistematik berdasarkan tujuan yang jelas.

Sajekti Rusi

Evaluasi adalah proses penilaian yang mencakup deskripsi tingkah laku anak didik baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

William Mehrens dan Irlin Lehmann

Evaluasi adalah proses perencanaan, perolehan, informasi yang sangat diperlukan demi pembuatan alternatif keputusan.

Rooijakkers

Evaluasi adalah suatu usaha atau proses untuk menentukan nilai-nilai berdasarkan data kuantitatif hasil pengukuran dengan tujuan keperluan pengambilan keputusan.

Abdul Basir

Evaluasi adalah proses pengumpulan data secara deskriptif, prediktif, dan informatif yang dilaksanakan secara sistematik dengan tahap demi memutuskan suatu kebijaksanaan di dalam usaha memperbaiki pendidikan.

Abdul Jabbar

Evaluasi adalah pengumpulan pernyataan secara sistematis untuk menetapkan pernyataan yang sudah terjadi di dalam diri siswa dan menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam diri siswa tersebut.

Ralph Tyler

Evaluasi adalah proses pengumpulan data dengan tujuan menentukan tujuan pendidikan yang sudah tercapai, jika tujuan tersebut belum tercapai, maka perlu dicari apa sebabnya.

Cronbach dan Stufflebeam

Evaluasi adalah suatu proses yang tidak hanya mengukur sejauh mana tujuan harus dicapai, nanti juga digunakan untuk membuat suatu keputusan.

Baca Juga : Analisis Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Prinsip umum evaluasi

  • Tujuan pembelajaran
  • Kegiatan pembelajaran
  • Evaluasi

Prinsip-prinsip umum dari evaluasi harus bersifat seperti di bawah ini:

  • Kontinuitas
  • Komprehensif
  • Adil dan objektif
  • Praktis
  • Kooperatif

Berikut ini prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam suatu penilaian, diantaranya:

  • Harus berdasarkan hasil pengukuran yang komprehensif.
  • Harus ada perbedaan antara penskoran dan penilaian.
  • Harus memperhatikan dua macam orientasi yaitu penilaian dalam kelompok dan penilaian secara individu.
  • Pemberian nilai harus berasal dari bagian integral proses belajar mengajar yang artinya sebagai umpan balik.
  • Penilaian yang dilakukan harus bersifat komparabel atau adil.
  • Penilaian yang digunakan harus jelas antara siswa dan pengajar.

Tujuan diadakannya evaluasi

Secara umum evaluasi adalah bertujuan untuk melihat sejauh mana program atau kegiatan bisa mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Sedangkan secara spesifik memiliki banyak tujuan dan manfaat, berikut diantaranya.

  • Memperkuat kegiatan belajar mengajar.
  • Menguji pemahaman dan kemampuan para siswa.
  • Mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran yang baik dan kondusif.
  • Pengertian pengetahuan prasyarat yang sesuai untuk para siswa.
  • Memotivasi para siswa untuk terus belajar.
  • Memberi umpan balik bagi siswa dan guru.
  • Memelihara standar mutu pendidikan dan mencapai kemajuan proses serta hasil belajar.
  • Memprediksi kinerja pembelajaran selanjutnya di masa depan dengan menilai kualitas belajar yang sudah ada.

Di bawah ini tujuan dari fungsi penilaian tersebut.

  • Penilaian berfungsi selektif
  • Penilaian berfungsi penempatan
  • Penilaian berfungsi diagnostik
  • Penilaian berfungsi pengukuran keberhasilan

Tahapan evaluasi

Berikut ini beberapa tahapan evaluasi yang mendasari proses pembentukannya, antara lain:

Mengembangkan konsep dan melakukan penelitian awal

Direncanakan dengan baik sebelum eksekusi kegiatan diorganisir dan pesan yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik untuk memeriksa kompatibilitas antara draft yang sudah disiapkan.

Dengan adanya uji coba, evaluator akan mencari respon dari para penonton yang kemudian respon tersebut akan dijadikan nilai pengukuran efektivitas dari pesan yang disampaikan.

Jenis-jenis evaluasi

Memiliki beberapa jenis yang terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu:

1. Evaluasi formatif

Merupakan penilaian terkait hasil yang sudah dicapai selama proses berjalannya kegiatan, waktu pelaksanaan evaluasi dilaksanakan secara rutin perbulan atau pertahun sesuai keperluan informasi yang dibutuhkan dari hasil penilaian.

2. Evaluasi sumatif

Merupakan penilaian dari hasil-hasil yang sudah dicapai selama pelaksanaan kegiatan atau program kerja yang dilaksanakan secara keseluruhan dari awal hingga akhir kegiatan, waktu pelaksanaannya bisa diadakan di akhir kegiatan sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan oleh program kerja.

Baca Juga : Rangkuman Materi Kebijakan Fiskal dan Moneter

Kesimpulan

Sekian pembahasan mengenai evaluasi adalah meliputi pengertian, prinsip, tujuan, tahapan, dan jenis-jenisnya di dalam artikel kali ini.

Semoga dengan adanya pembahasan artikel evaluasi adalah ini bisa menambah informasi dan pengetahuan bagi anda yang membacanya.

Terima kasih banyak atas kunjungannya ke website kami dan sampai juma lagi di kesempatan yang lain.