Tugas Marketing Adalah Beserta Tanggung Jawabnya

Artikel kali ini akan menjelaskan tentang tugas marketing adalah beserta tanggung jawab dari divisi marketing di

dalam perusahaan.

Marketing adalah menciptakan dan mengembangkan nilai sebuah produk atau jasa yang ditawarkan dalam melakukan pemasaran atau pengenalan produk kepada masyarakat sebagai para calon pelanggan dengan menggunakan berbagai macam cara.

Tujuan dari marketing produk atau jasa di dalam suatu perusahaan adalah agar produk atau jasa yang mereka tawarkan bisa dikenal sehingga banyak orang yang berminat untuk menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan.

Perlu anda ketahui bahwa kesuksesan suatu bisnis perusahaan ditentukan oleh kontribusi besar dari marketing atau pemasaran.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai tugas marketing adalah, simak penjelasan artikel berikut ini.

Tugas marketing

Tugas marketing adalah bukan hanya sebatas riset pemasaran saja, tetapi juga strategi yang akan digunakan dan cara memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para konsumen di lapangan.

Tugas marketing adalah wajib memperhatikan kepuasan pelanggan karena pemasaran berhubungan dengan para pelanggan di mana keloyalitasan para pelanggan harus tetap terjaga.

Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kesetiaan para pelanggan terhadap produk atau jasa yang suatu perusahaan jual.

Berikut ini beberapa tugas marketing adalah:

1. Marketing bertugas untuk mempromosikan barang atau jasa

Tugas marketing adalah memperkenalkan atau mempromosikan setiap produk dan jasa yang ditawarkan oleh pihak perusahaan yang sudah diproduksi kemudian masuk ke dalam proses pemasaran yaitu menyebarluaskan dan memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat.

Hal ini bertujuan agar produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan bisa dikenal dan memiliki banyak pengingat atas hasil produk yang sudah dibuat.

Tugas marketing adalah merencanakan strategi kegiatan promosi agar dapat berjalan dengan lancar, tugas ini dilakukan oleh para marketer.

Penting atau pemasaran juga harus mengetahui jenis promosi apa yang akan digunakan, apakah akan menggunakan banner, brosur, atau media lainnya.

Maksud dari kegiatan promosi adalah mengenalkan produk kepada masyarakat lewat publikasi di televisi, radio, atau internet sebagai media yang banyak digunakan oleh target pemasaran atau bisa juga memberikan iming-iming bonus atau potongan harga.

Konsumen biasanya tertarik dengan pemberian bonus berupa diskon, voucher, souvenir, garansi, dan lain-lain dengan pembatasan waktu untuk menghindari kerugian.

Baca Juga : Pengertian Resensi, Struktur, Unsur, Jenis dan Tujuan

2. Marketing berperan sebagai sales

Tugas marketing adalah berperan sebagai sales untuk menghasilkan pemasukan bagi perusahaan dengan melakukan penjualan dan penawaran produk atau jasa yang sudah dihasilkan perusahaan.

Marketing bertugas mereset dan mengembangkan pola pemasaran

Tugas marketing adalah melakukan riset dan mengembangkan pola pemasaran terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Tugas marketing adalah juga mencari informasi dan menyampaikannya kepada pihak perusahaan tentang segala manfaat yang mendukung peningkatan kualitas dan penjualan yang bisa menguntungkan pihak perusahaan di pasaran.

3. Marketing bertugas mewujudkan konsep komunikasi pemasaran

Tugas marketing adalah berperan sebagai perwujudan konsep komunikasi pemasaran yang berperan menjalin dan membuat hubungan komunikasi yang baik antara pihak perusahaan dengan para calon konsumen atau pihak perusahaan dengan lingkungan sekitarnya.

Agar tercipta hubungan kerjasama antara pihak perusahaan yang satu dengan pihak perusahaan yang lain bisa lewat kerjasama yang saling menguntungkan dan menggunakan sistem kerjasama yang sehat.

Fungsi marketing

Memahami Tugas Marketing Adalah Beserta Tanggung Jawabnya

Setelah membahas tugas marketing adalah berikutnya kita akan membahas fungsi dari marketing, antara lain:

1. Fungsi pertukaran

Konsumen perlu melakukan pertukaran dengan pelaku pemasaran atau produsen barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Melakukan pertukaran di sini maksudnya adalah konsumen membeli produk atau jasa yang berasal dari produsen dengan cara menukar uang dengan produk atau pertukaran produk dengan produk yang digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari atau untuk dijual kembali.

2. Fungsi perantara

Fungsi dan tugas marketing adalah sebagai media perantara yang digunakan perusahaan yang merupakan produsen untuk menyampaikan produk atau jasa yang mereka jual kepada para konsumen dengan menggunakan hubungan aktivitas pertukaran dan distribusi produk yang baik.

Aktivitas fungsi perantara diantaranya:

  • Pembiayaan
  • Riset informasi
  • Pengelompokan produk
  • Dan lain-lain

3. Distribusi fisik

Distribusi fisik berguna untuk mengangkut dan menyimpan produk yang sudah dihasilkan dari produsen atau pihak perusahaan.

Sampainya suatu produk ke tangan Konsumen tidak serta-merta langsung sampai ke depan pintu konsumen begitu saja, perlu adanya proses distribusi yang dilakukan oleh pihak produsen lewat jalur darat, air, maupun udara.

Proses distribusi ini juga perlu melakukan proses penyimpanan produk stop produk agar tidak terjadi kekurangan stok ketika konsumen memerlukan barang, hal ini juga bisa memenuhi produk yang dikonsumsi oleh para konsumen.

Konsep marketing

Memenuhi kebutuhan dan keinginan setiap orang baik sandang, pangan, maupun papan dan kebutuhan lainnya seperti keamanan, kenyamanan, dan lain-lain.

Adanya pertukaran dan transaksi di dalamnya seperti nilai, biaya, dan kepuasan dari para pelanggan.

Produk sebagai barang yang akan ditawarkan ataupun jasa yang dijual berdasarkan gagasan atau ide kepada para konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Pasar sebagai pembeli atau konsumen yang membutuhkan penggunaan produk atau jasa yang ditawarkan pihak perusahaan agar mampu menyediakan kebutuhan lewat pertukaran nilai dan adanya transaksi di dalamnya.

Hubungan dan jaringan untuk memenuhi kebutuhan pihak terkait seperti konsumen, pemasok, dan penyalur untuk tetap mempertahankan bisnis dan jangka waktu yang panjang.

Pemasaran dan calon pembeli bertujuan untuk melakukan pertukaran nilai atau transaksi untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Baca Juga : HRD Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Tugas

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai tugas marketing adalah beserta tanggung jawab dan fungsi yang para marketer emban dalam melaksanakan tugas marketing.

Semoga artikel tugas marketing adalah kali ini bisa menambah informasi dan wawasan anda semua, terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa lagi pembahasan artikel berikutnya.