11 Peralatan Kantor Beserta Penjelasan dan Juga Fungsinya

Peralatan kantor biasanya terdiri dari beberapa item yang dibutuhkan untuk mendukung kinerja karyawan dalam menyelesaikan tugas harian di kantor.

Peralatan kantor dikelompokkan menjadi peralatan kantor dan perlengkapan kantor.

Peralatan kantor yang merupakan alat yang digunakan dalam kurun waktu lama atau tidak cepat habis untuk mendukung kinerja perusahaan.

Perlengkapan kantor merupakan alat yang digunakan dalam pemakaian jangka pendek atau cepat habis untuk mendukung kelancaran kegiatan administrasi perusahaan.

Informasi lebih lengkapnya, simak ulasan pembahasan artikel peralatan kantor dibawah ini.

11 Peralatan Kantor Beserta Penjelasan dan Juga Fungsinya

11 Peralatan Kantor Beserta Penjelasan dan Juga Fungsinya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, peralatan kantor merupakan alat yang digunakan dalam kurun waktu lama dan tidak cepat habis.

Di bawah ini beberapa contoh peralatan kantor:

1. Peralatan dan perlengkapan kantor lainnya

Dibawah ini beberapa peralatan kantor dan perlengkapan kantor yang sifatnya opsional atau lebih diperuntukkan ketika para karyawan beristirahat saja.

Berikut beberapa diantaranya:

  • Mesin pembuat kopi
  • Kantin
  • Sofa
  • Kulkas
  • Hiasan dinding
  • Penerangan kantor
  • Peralatan makan
  • Lain-lain

2. ATK

Peralatan kantor yang satu ini biasanya dipakai juga oleh para pelajar, baik siswa sekolah maupun mahasiswa.

Alat tulis keterampilan ini diantaranya:

  • Stepler
  • Selotip
  • Stopmap
  • Amplop
  • Binder
  • Buku catatan
  • Kalkulator
  • Perforator
  • Pulpen
  • Penjepit kertas
  • Tipe-x
  • Penggaris
  • Pensil
  • Gunting
  • Perangko
  • kartu nama
  • Kertas
  • Kalender
  • Papan tulis
  • Rak buku
  • Lemari arsip
  • Meja
  • Kursi
  • Microphone
  • Flash disk
  • Ponsel pintar
  • Komputer

3. Webcam

Merupakan perangkat keras yang berfungsi seperti kamera digital yang dihubungkan ke laptop atau komputer.

Peralatan kantor yang satu ini memungkinkan anda melakukan pengambilan gambar maupun video secara langsung untuk dikirim ke seluruh penjuru dunia dengan bantuan koneksi internet.

Di dalam dunia perkantoran, webcam memiliki peran penting khususnya sebagai media komunikasi ketika melakukan meeting online, interview online, dan panggilan video lainnya.

Penggunaan webcam tidak lepas dari perkembangan teknologi yang memiliki resolusi bagus dan tajam.

4. Laptop

Laptop bisa jadi peralatan komputer yang paling wajib yang harus ada di setiap perkantoran atau perusahaan.

Laptop adalah komputer jinjing yang bisa digunakan dan dibawa ke mana saja pemakaian yang lebih praktis karena sumber dayanya berasal dari baterai.

Laptop terdiri dari beberapa komponen penyusun seperti:

  • Monitor
  • Tetikus
  • Touchpad
  • Keyboard
  • CPU
  • Baterai

Laptop bisa memiliki berat mulai dari 2 sampai 6 kg tergantung bahan pembuat dan ukurannya.

Fungsi dari peralatan kantor yang satu ini adalah sebagai media penyimpanan, pembuatan presentasi, alat komunikasi, membuat desain gambar, mengedit video, dan memudahkan pekerjaan pemrosesan data lainnya.

5. Tablet

Peralatan kantor canggih selanjutnya yaitu tablet.

Tablet merupakan komputer portable berupa layar sentuh digital yang memungkinkan penggunanya menggunakan pulpen digital sebagai pengganti tetikus,

Keyboard yang ada pada layar tablet berukuran relatif lebih kecil dibandingkan komputer maupun laptop.

Secara umum, fungsi dari tablet adalah untuk chatting, browsing, berkirim email, menerima pesan maupun mengirim pesan, dan menerima telepon maupun menelepon pihak lain.

Saat ini dengan fitur dan kemampuan yang lebih canggih, tablet digunakan untuk kepentingan meeting perusahaan dengan klien karena lebih efektif, aktif, dan simpel karena bisa dibawa kemana saja, dimanapun dan kapanpun.

6. Mesin fotocopy

Peralatan kantor yang satu ini ini berguna untuk membuat salinan kertas ataupun dokumen seperti yang berijazah, KTP, SIM, dan dokumen lainnya.

Fungsi dari mesin fotocopy sangat penting dalam peralatan kantor karena sangat dibutuhkan terutama bagi pengadaan penggandaan dokumen.

Baca Juga : Jenis dan Bentuk Badan Usaha: Pengertian, Bentuk, Macam Badan Usaha

7. Scanner

Scanner merupakan alat yang berfungsi sebagai perangkat input komputer untuk menduplikat objek dari hardcopy menjadi softcopy.

Berbeda dengan printer, scanner bekerja terbalik dengan bentuk yang tidak terlalu besar seperti kotak kaca yang dilengkapi dengan sensor cahaya didalamnya untuk mendeteksi dokumen yang kemudian akan dikirimkan ke komputer dalam mode digital.

Biasanya, scanner digunakan untuk memindah foto, kata-kata, bukti kuitansi, dan dokumen lainnya untuk disimpan dalam bentuk file.

8. Printer

Peralatan komputer selanjutnya yaitu printer yang merupakan perangkat keras jenis output yang biasa digunakan untuk mencetak data berupa gambar, grafik, maupun teks ke dalam media kertas.

Proses cetak menggunakan mesin printer yang awalnya berupa softcopy menjadi hardcopy.

Printer sebagai peralatan komputer wajib yang harus selalu ada di dalam setiap kegiatan aktivitas kantor, jelas dikarenakan banyaknya dokumen yang harus dicetak Terutama ketika membuat laporan, penjadwalan, maupun pembukuan.

9. Router

Router merupakan perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai penghubung jaringan baik penghubung antar jaringan maupun jaringan yang sama.

Biasanya perkantoran memiliki beberapa lantai di mana setiap lantainya memiliki jaringan tersendiri, untuk bisa menghubungkan antar jaringan setiap lantai, maka sebuah perkantoran membutuhkan perangkat router.

Tanpa adanya bantuan router, sebuah perkantoran tidak bisa saling berkomunikasi dan berkirim data yang mana proses ini disebut routing.

10. Mesin penghancur kertas

Mesin penghancur kertas atau paper Shredder merupakan mesin yang difungsikan sebagai pemusnahan dokumen penting yang sudah terlanjur tercetak di atas kertas.

Biasanya dokumen perkantoran yang sifatnya rahasia jika tidak digunakan kembali akan dimusnahkan dengan menggunakan bantuan alat ini.

Tujuan dari mesin penghancur kertas adalah agar dokumen penting suatu perusahaan tidak disalahgunakan ataupun informasinya tersebar keluar komunitas perusahaan.

Mengingat penggunaan limbah kertas yang salah bisa berakibat fatal bagi rahasia perusahaan.

11. Mesin faksimile

Mesin faksimile merupakan peralatan komunikasi kantor yang digunakan untuk mengirimkan dokumen melalui perangkat yang dapat dioperasikan melalui jaringan telepon.

Mesin faksimile sudah tidak banyak lagi digunakan, tetapi masih ada beberapa perkantoran yang masih menggunakan mesin faksimile.

Baca Juga : Fungsi dan Proses Manajemen yang Harus Anda Ketahui

Kesimpulan

Itu dia beberapa contoh peralatan kantor dan perlengkapan kantor yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja karyawan dalam meningkatkan otot perut.

Semoga artikel peralatan kantor ini bisa menambah wawasan dan informasi anda, terima kasih sudah membaca artikel peralatan kantor.