Belajar materi tentang Microsoft Word untuk pemula bisa jadi menyenangkan dan menyulitkan.
Jika anda belajar dari tempat yang salah atau tidak tepat, tentu belajar materi ini Jadi lebih sulit.
Namun, kali ini anda sudah datang ke tempat yang tepat.
Diartikan pembahasan kali ini kita akan membahas materi seputar Microsoft Word untuk para pemula.
Materi yang akan dibahas tentang cara membuka Microsoft Word, mengetahui fungsi tombol keyboard, cara menyimpan logo, dan mengenalkan icon beserta fungsi yang ada di Microsoft Word.
Sejarah Microsoft Word
Microsoft Word diluncurkan pertama kali di tahun 1993 dengan nama multi-tool Word atau Xenix.
Apa ada yang sudah tahu?
Kemudian di Versi berikutnya mulai dikembangkan kembali dengan ditambahkan berbagai jenis operation system atau OS.
Misalnya seperti versi DOS yang dikeluarkan di tahun 1983, SCO Unix, apple machintos di tahun 1984, OS/2, atau Microsoft Windows yang dikeluarkan di tahun 1989.
Pada prosesnya dan menjadi bagian resmi Microsoft Office versi 2003 dan 2007, software pengolahan kata ini kemudian diberi nama Microsoft Office Word atau yang kita kenal Microsoft Word.
Microsoft Word
Microsoft Word adalah sebuah program pengolahan kata yang paling banyak digunakan.
Karena penggunaannya yang sangat fleksibel dan mudah diintegrasikan dengan program Microsoft corporation lainnya, microsoft Word menjadi perangkat lunak paling populer masa kini khususnya di kalangan para pelajar Indonesia.
Keahlian yang wajib dimiliki di zaman serba modern seperti sekarang ini adalah kemampuan mengoperasikan program Microsoft Office terutama Microsoft Word.
Penggunaan Microsoft Word sangat penting untuk semua kegiatan dalam proses belajar mengajar terutama untuk anak sekolah menengah atas dan juga kuliah.
Kebanyakan dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan materi tentang Microsoft Word yang sering digunakan untuk proses pengetikan.
Sebagai sebuah word processor yang dikeluarkan oleh program Microsoft office, microsoft Word berfungsi untuk membantu anda melakukan berbagai pekerjaan yang bersangkutan dengan dokumen dan dunia penulisan.
Contohnya penulisan buku, penulisan makalah, jurnal, dan lain sebagainya.
Jangan Anda pikir microsoft Word hanya digunakan untuk membuat dokumen dan mengetik saja, microsoft Word juga bisa digunakan untuk mengedit dan membuat format data menjadi lebih rapi dan mudah disimpan dalam bentuk softcopy maupun hardcopy.
Fungsi Microsoft Word
- Digunakan untuk keperluan kantor ataupun keperluan membuat dokumen-dokumen para pelajar.
- Digunakan untuk membuat surat.
- Digunakan untuk membuat dokumen.
- Digunakan untuk membuat tabel dan juga grafik.
- Berikut materi tentang Microsoft Word yang para pemula harus tahu.
Cara membuka Microsoft Word
- Nyalakan perangkat yang ada di rumah anda Baik itu komputer atau laptop sehingga muncul ke halaman utama Windows.
- Klik menu start dengan logo Windows di pojok kiri bawah.
- Cari Microsoft Word kemudian klik kiri sekali atau Klik Kanan untuk memilih option open.
- Setelah masuk ke Microsoft Word, klik pilihan dokumen kosong untuk memulai.
Mengenal fungsi icon yang paling umum di Microsoft Word
- Font size digunakan untuk mengubah ukuran huruf.
- Font digunakan untuk mengubah jenis dan bentuk huruf.
- Italic digunakan untuk mengubah huruf menjadi miring.
- Bold digunakan untuk mengubah huruf menjadi tebal.
- Font color digunakan untuk memberi atau mengganti warna pada huruf.
- Highlight digunakan untuk memberi warna latar pada huruf.
- Underline digunakan untuk menambah garis bawah pada kalimat atau kata.
- Center digunakan untuk membuat paragraf menjadi rata tengah.
- Align left digunakan untuk membuat paragraf menjadi rata kiri.
- Align right digunakan untuk membuat paragraf menjadi rata kanan.
- Justify digunakan untuk membuat paragraf rata kanan kiri.
- Bullets digunakan untuk membuat daftar perpoin.
- Line spacing digunakan untuk mengatur jarak spasi.
- Decrease indent digunakan untuk memajukan paragraf 1 Tab.
- Increase indent berfungsi untuk memundurkan paragraf 1 Tab.
- Numbering digunakan untuk membuat daftar berpoin angka.
- Borders digunakan untuk menambah garis batas.
- Title bar berfungsi sebagai pemberi informasi judul atau nama file yang sedang dikerjakan.
- Ruler berfungsi sebagai pengukur pada bagian apa tas dan samping kiri dokumen Word yang mana menjadi indikator lebar dan tingginya sebuah halaman, ini juga bisa digunakan untuk mengatur margin.
Fungsi tombol keyboard di dalam Microsoft Word
- Up berfungsi memindahkan kursor ke atas.
- Down berfungsi untuk memindahkan kursor ke bawah.
- Left berfungsi untuk memindahkan kursor ke kiri.
- Right berfungsi untuk memindahkan kursor ke kanan.
- Page Down berfungsi untuk memindahkan kursor 1 halaman layar ke bawah.
- Page up berfungsi untuk memindahkan kursor 1 halaman layar ke atas.
- Delete berfungsi untuk menghapus pengetikan di sebelah kanan kursor.
- Backspace berfungsi untuk menghapus pengetikan di sebelah kiri kursor.
- Tab berfungsi sebagai pemindah kursor ke posisi tabulator berikutnya.
- Capslock berfungsi sebagai pembuat huruf menjadi besar atau kapital.
- Enter berfungsi untuk memindahkan satu baris ke baris berikutnya.
Cara menyimpan dokumen yang sudah dibuat di Microsoft Word
Bila anda sudah selesai membuat dokumen hasil kerja di Microsoft Word, tentu anda perlu untuk menyimpannya.
Berikut ini tutorial cara menyimpan hasil kerja anda di Microsoft.
- Klik menu file, kemudian klik simpan sebagai atau save as, lalu pilih telusuri dan Anda bisa memilih lokasi tempat anda menyimpan dokumen.
- Ketik nama file dan klik simpan atau save di dalam folder yang anda inginkan.
- Atau anda juga bisa langsung mengklik tombol kombinasi Ctrl + S untuk menyimpan data yang sudah anda buat.
Kesimpulan
Bagaimana? Apakah anda sudah mengerti?
Bagi seorang pemula untuk melakukan sesuatu yang baru memang sedikit agak membingungkan, tetapi dengan banyak latihan dan terus belajar, lama-lama anda pasti akan menguasai materi tentang Microsoft Word dengan sendirinya.
Selamat berlatih, semoga berhasil!