Artikel kali ini akan membahas tentang marketing adalah meliputi pengertian, fungsi, dan tugas marketing secara lengkap.
Marketing adalah segala bentuk rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan para konsumen atau pelanggan.
Cara marketing adalah dengan menciptakan produk, menentukan harga produk, tempat menjual produk, dan mempromosikan produk kepada para konsumen dan calon pelanggan.
Marketing berasal dari bahasa Inggris yang berarti memasarkan barang atau jasa.
Penjelasan selengkapnya mengenai marketing adalah secara lengkap, baca artikel di bawah ini.
Pengertian marketing
Marketing adalah kegiatan yang bukan hanya menawarkan barang atau menjual barang, tetapi didalamnya terdapat kegiatan seperti menjual dan membeli dengan segala macam cara yang menyangkut pendistribusian barang, menyimpan barang, mensortir barang ke para pelanggan atau calon konsumen.
Pemasangan atau Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan kepuasan konsumen seperti penjelasan yang sudah disebutkan sebelumnya di atas.
Pengertian marketing adalah perpaduan kegiatan yang saling berkaitan agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen sehingga pihak perusahaan bisa mengembangkan produk, jasa, harga, layanan, dan promosi untuk menarik minat para konsumen.
Jika para konsumen sudah tertarik, bukan hal sulit untuk suatu perusahaan mendapatkan keuntungan.
Kegiatan Marketing adalah memang erat kaitannya dengan kegiatan kehidupan sehari-hari karena objek utamanya adalah konsumen.
Konsumen sendiri umumnya sering dihadapkan pada banyak pilihan dari berbagai merek produk tertentu yang akan mereka beli, para konsumen biasanya memiliki banyak pertimbangan sebelum akhirnya membeli seperti kualitas barang dan waktu saat pembelian barang.
Dalam kata lain, konsumen dijadikan sebagai sumber informasi oleh para marketer untuk melakukan kegiatan marketing di lapangan.
Baca Juga : Contoh Kata Benda Dalam Bahasa Indonesia
Maynard dan Backman
Marketing adalah segala macam usaha yang meliputi penyaluran barang dan jasa dari sektor produksi ke sektor konsumsi.
Charles Philips dan Delbert Duncan
Marketing adalah pendistribusian segala bentuk kegiatan untuk menyampaikan barang ke tangan para konsumen dan konsumen industri lainnya.
Paul Converse dan Fred Jones
Marketing adalah pekerjaan penciptaan barang yang nantinya akan dipindahkan ke tangan konsumen.
William Shultz
Marketing adalah usaha kegiatan penyaluran atau pendistribusian barang serta jasa dari produsen ke konsumen.
Rayburn Tousley, Eugene Clark, dan Fred Clark
Marketing adalah usaha mempengaruhi pemindahan kepemilikan barang dan jasa kepada para konsumen lewat jalur distribusi yang sudah ditentukan.
Paul Convers, Harvey Huege, dan Robert Mitchell
Marketing adalah kegiatan membeli dan menjual yang di dalamnya terdapat kegiatan penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Philip kotler
Marketing adalah proses seseorang atau kelompok yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan lewat permintaan barang, penawaran barang, dan pertukaran barang maupun jasa.
American Marketing Association
Marketing adalah perencanaan pelaksanaan dan pengendalian pemasaran secara total yang di dalamnya terdapat tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran, dan strategi pemasaran untuk menciptakan pertukaran dalam memenuhi tujuan kebutuhan individu dan organisasi.
Buchari Alma
Marketing adalah perencanaan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan yang merupakan bagian dari pemasaran.
Lupiyoadi
Marketing adalah analisis perencanaan, pelaksanaan, dan kontrol program yang sudah direncanakan untuk mendapatkan keuntungan pribadi maupun bersama dari para konsumen.
Dharmmesta dan Handoko
Marketing adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk mempertahankan keberlangsungan perusahaannya agar tetap bisa berkembang dan mendapatkan keuntungan.
Proses marketing atau pemasaran ini bisa dimulai Jauh sebelum memiliki barang produksi dan tidak berakhir pada proses penjualan saja.
Kegiatan pemasaran atau marketing perusahaan harus terus dijaga untuk memberikan kepuasan pelayanan bagi para konsumen agar usahanya bisa berjalan terus menerus atau masuknya memiliki pandangan yang lebih baik terhadap citra perusahaan.
John Mullins
Marketing adalah proses menganalisa, melaksanakan, berkoordinasi, dan mengontrol program yang di dalamnya terdapat harga, promosi, gambaran keseluruhan proses pemasaran, pendistribusian barang, pelayanan, dan ide desain pembuatan barang dalam menjaga keuntungan pertukaran antara target pasar dan tujuan mendapatkan keuntungan nagi perusahaan.
William Stanton
Marketing adalah penganalisaan, perencanaan, pengawasan, dan pelaksanaan program yang sudah direncanakan untuk mengadakan pertukaran dengan target pasar dengan maksud mencapai tujuan perusahaan.
Winardi
Marketing adalah proses pengambilan keputusan, perencanaan, pengawasan aspek pemasaran, dan segala macam hal yang berhubungan dengan konsep pemasaran di dalam sistem pemasaran.
Sofyan assauri
Marketing adalah kegiatan menganalisa, merencanakan, mengendalikan, dan mengkoordinasikan setiap kegiatan yang berkaitan dengan perancangan serta peluncuran produk, pengkomunikasian promosi dan pendistribusian produk, penetapan harga, dan transaksi barang dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan memuaskan konsumen dalam jangka waktu yang panjang.
Swastha
Marketing adalah proses penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program dengan tujuan menimbulkan pertukaran dengan target pasar untuk mencapai tujuan perusahaan.
Peter Dickson
Marketing adalah berbagai macam cara yang bervariasi dari kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan kepahaman apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana cara menyikapinya.
Fungsi marketing
- Menyalurkan barang dan juga jasa ke tangan konsumen.
- Pendistribusian barang antara produsen dan konsumen.
- Menjual dan membeli produk serta jasa yang ditawarkan oleh pihak perusahaan.
- Sebagai kegiatan utama dari kegiatan pemasaran.
- Pengangkutan dan penyimpanan barang jika kita sampai ke tangan konsumen.
Tujuan marketing
Berikut ini beberapa tujuan marketing atau pemasaran yang harus anda ketahui.
- Mendapatkan keuntungan penjualan dan profit sebanyak-banyaknya.
- Menyebarkan informasi terkait produk dan jasa yang ditawarkan kepada target pasar potensial yang nantinya bisa berpotensi menjadi pelanggan.
- Mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan lama.
- Penjualan barang ataupun jasa jika sewaktu-waktu terjadi kelesuan pasar.
- Sebagai pembeda produk yang diunggulkan dengan produk pesaing.
- Membentuk citra produk maupun jasa yang ditawarkan suatu perusahaan kepada konsumen sesuai dengan barang kebutuhan yang diinginkan oleh para konsumen.
Baca Juga : Kliping Sumber Daya Alam Beserta Gambarnya
Kesimpulan
Itu dia penjelasan mengenai marketing adalah meliputi pengertian, fungsi, dan tujuan marketing secara lengkap yang bisa kami sampaikan di dalam artikel kali ini.
Semoga artikel penjelasan marketing adalah ini bisa menambah informasi dan wawasan anda para pembaca, terima kasih sudah berkunjung untuk membaca artikel marketing adalah di website kami dan sampai jumpa lagi di artikel bermanfaat lainnya.