Klasifikasi Pasar : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis & Fungsi

Artikel kali ini akan membahas pengertian, ciri, jenis-jenis, fungsi, klasifikasi pasar secara lengkap.

Karena mungkin masih ada beberapa dari Anda yang membaca artikel ini yang belum mengerti dan memahami apa itu pasar dan klasifikasi pasar.

Pasar adalah sebuah Tempat bertemunya pembeli dengan penjual untuk melakukan transaksi ekonomi yaitu Menjual dan membeli suatu barang dan jasa atau sumber daya ekonomi dan berbagai faktor produksi lainnya.

Umumnya, pengertian pasar ini tidak menunjukkan kepada sebuah lokasi atau tempat tertentu, karena pasar tidak memiliki batas geografis, pasar bisa didirikan di manapun sesuai dengan kebutuhan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai klasifikasi pasar dan informasi selengkapnya, penjelasan di bawah ini.

Pengertian pasar

Pengertian pasar yang akan dibahas di artikel ini lebih menitikberatkan kepada artian ekonomi yaitu transaksi jual dan beli.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pasar tidak memiliki batas geografis karena dengan adanya sistem jaringan komunikasi modern seperti saat ini, keberadaan pasar tidak lagi memiliki hambatan atau batasan geografis sehingga memungkinkan penjual dan pembeli bertemu dan melakukan transaksi tanpa harus saling melihat wajah satu sama lain, contohnya e-market.

Dalam ilmu ekonomi, pasar memiliki arti sebagai besarnya permintaan serta penawaran kepada jenis barang atau jasa tertentu.

Ini artinya pasar merupakan permintaan serta penawaran secara keseluruhan dalam bentuk jasa atau barang.

Di sini, pengertian pasar lebih merujuk kepada segala bentuk aktivitas penawaran dan permintaan termasuk di dalamnya modal, surat berharga, uang, dan tenaga kerja.

Dalam prinsipnya, aktivitas perekonomian yang terjadi di pasar berdasarkan adanya kebebasan dalam bersaing baik pembeli maupun penjual.

Penjual memiliki kebebasan untuk memutuskan barang atau jasa apa yang harus mereka produksi dan distribusikan, sedangkan para pembeli memiliki kebebasan untuk membeli dan memilih barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan dan daya tingkat belinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, keberadaan klasifikasi pasar sangatlah penting karena jika terdapat mat kebutuhan yang tidak dapat dihasilkan sendiri, anda sebagai seorang konsumen dapat memperolehnya dari pasar.

Para pembeli atau konsumen akan datang ke pasar untuk berbelanja memenuhi kebutuhannya dengan membawa sejumlah uang sebagai metode pembayaran langsung.

Pengertian pasar menurut para ahli

1. Wikipedia

Pasar adalah institusi, sistem, hubungan sosial, prosedur, dan infrastruktur di mana terdapat usaha untuk menjual barang, tenaga kerja, dan jasa untuk sekumpulan orang demi imbalan uang.

2. William J stanton

Pasar adalah sekumpulan orang yang memiliki keinginan untuk puas, uang yang digunakan untuk berbelanja, dan berkeinginan untuk membelanjakan uang tersebut.

3. KBBI

Pasar adalah tempat sekumpulan orang melakukan transaksi jual dan beli yang diadakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dengan maksud mencari derma.

4. Kotler dan Amstrong

Pasar adalah seperangkat pembeli aktual dan potensial dari suatu produk atau jasa yang tergantung dengan jumlah orang memenuhi kebutuhan dan memiliki kemampuan dalam bertransaksi.

Banyak yang berpendapat bahwa penjual dan pembeli merupakan pasar, dimana penjual akan mengirimkan produk dan jasa yang mereka produksi untuk menyampaikan dan mengkomunikasikannya kepada pasar.

Nanti sebagai gantinya, penjual akan mendapatkan uang dan informasi dari pasar tersebut alias pembeli.

5. Handri Ma’ruf

Sekumpulan anggota masyarakat yang memiliki kebutuhan dan daya beli merujuk pada dua hal yaitu:

  • Daya beli
  • Kebutuhan

Pasar memiliki tiga pengertian diantaranya:

  • Pasar adalah sekumpulan orang yang berusaha untuk mendapatkan jasa dan barang serta adanya kemampuan untuk membeli barang tersebut.
  • Pasar sebagai tempat terjadinya kegiatan transaksi jual-beli penawaran permintaan.
  • Pasar adalah sebuah tempat untuk bertemunya para penjual dan pembeli.

Baca Juga : Contoh perilaku konsumen Ketika Membeli Barang ataupun Jasa

Ciri-ciri pasar

Dalam artikel klasifikasi pasar berikut ini, ada juga ciri-ciri pasar antara lain:

  • Adanya interaksi antara pembeli dan penjual baik secara langsung ataupun tidak langsung.
  • Adanya proses permintaan dan penawaran dari kedua belah pihak.
  • Adanya jasa dan barang yang akan diperjualbelikan.
  • Adanya calon pembeli dan juga para penjual.

Klasifikasi pasar

Dibawah ini beberapa klasifikasi pasar, yaitu:

1. Pasar tradisional

Klasifikasi Pasar : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis & Fungsi

Klasifikasi pasar yang pertama yaitu pasar tradisional yang merupakan pasar dimana tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk bertransaksi jual beli secara langsung dan terjadi proses tawar-menawar.

Bangunan dari pasar tradisional umumnya berupa kios, los, gerai, dan dasaran terbuka yang dibuka para penjual atau pengelola pasar.

Kebanyakan pasar tradisional menjual berbagai macam barang kebutuhan yang diperlukan sehari-hari.

Pasar tradisional banyak ditemukan di seluruh penjuru Indonesia, di antaranya yang paling terkenal yaitu Pasar Klewer di Solo dan pasar Beringharjo di Yogyakarta.

Pasar tradisional masa kini masih terus dan akan terus berinovasi untuk bertahan menghadapi serangan pasar modern.

2. Pasar modern

Klasifikasi Pasar : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis & Fungsi

Pasalnya tidak jauh berbeda dari pasar tradisional, tetapi terdapat penjual dan pembeli yang tidak bertransaksi secara langsung melainkan konsumen atau para pembeli bisa melihat label harga yang sudah tertera di dalam barang tersebut.

Pasar modern berdiri dalam bentuk bangunan yang pelayanannya dilakukan secara mandiri seperti Swalayan dan dilayani oleh para pramuniaga.

Barang-barang yang dijual di dalam pasar modern hampir sama seperti yang dijual di pasar tradisional, tetapi di pasar modern juga dijual barang lainnya yang bisa bertahan lebih lama.

Contoh pasar modern minimarket, pasar swalayan, dan supermarket.

Jenis-jenis pasar

1. Jenis-jenis pasar menurut bentuk kegiatannya

  • Pasar nyata

Pasar dimana terdapat berbagai jenis barang yang diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli.

Contohnya pasar swalayan dan pasar tradisional.

  • Pasar abstrak

Klasifikasi pasar di mana terdapat pedagang yang tidak menawar berbagai jenis barang yang dijual dan tidak membeli secara langsung, tetapi hanya menggunakan surat dagangan saja.

Contohnya pasar online, pasar valuta asing, pasar modal, dan pasar saham.

2. Jenis-jenis pasar menurut cara transaksinya

  • Pasar tradisional

Pasar ini bersifat tradisional dimana para pembeli dan penjual dapat saling tawar-menawar cara langsung dan barang yang diperjualbelikan merupakan barang kebutuhan pokok sehari-hari.

  • Pasar modern

Pasar ini bersifat modern dimana terdapat berbagai macam barang yang diperjualbelikan dengan harga pasar dan layanan Mandiri.

Contoh pasar modern yaitu Mall, plaza, dan sebagainya.

3. Jenis-jenis pasar menurut jenis barangnya

Pasar jenis ini hanya menjual satu jenis barang saja, misalnya pasar sayur, pasar hewan, pasar ikan, pasar buah, pasar daging, dan sebagainya.

  • Pasar barang konsumsi

Klasifikasi pasar yang satu ini merupakan jenis pasar yang memperjualbelikan berbagai jenis barang yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

  • Pasar sumber daya produksi

Pasar ini merupakan pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi misalnya, mesin-mesin, tanah, tenaga kerja, dan tenaga ahli.

4. Jenis-jenis pasar menurut waktunya

  • Pasar harian

Klasifikasi pasar ini di mana terjadinya pertemuan antara pembeli dan penjual yang dilakukan setiap hari.

Umumnya menjual berbagai jenis barang kebutuhan konsumsi, jasa, bahan mentah, dan kebutuhan produksi lainnya.

  • Pasar mingguan

Klasifikasi pasar yang satu ini dilakukan setiap seminggu sekali, biasanya terdapat di daerah yang penduduknya masih sedikit seperti pedesaan.

  • Pasar bulanan

Pasar bulanan hanya dilakukan Sebulan sekali dan terdapat di daerah-daerah tertentu, umumnya ada pembeli dan penjual yang nantinya akan menjual barang yang sudah dibeli kembali, contohnya pasar hewan.

  • Pasar tahunan

Pasar tahunan adalah klasifikasi pasar yang diselenggarakan setiap setahun sekali dan umumnya bersifat nasional untuk promosi suatu produk terbaru.

Contoh pasar tahunan yaitu pameran pembangunan, pekan Raya Jakarta, dan sebagainya.

  • Pasar temporer

Pasar ini hanya diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu saja dan terjadi secara tidak rutin.

Biasanya pasar temporer dibuka untuk merayakan peristiwa tertentu, contohnya bazar.

5. Jenis-jenis pasar menurut keleluasaan distribusi

  • Pasar daerah

Pasar ini ini terdapat pembeli dan penjual dalam satu daerah yang membeli dan menjual suatu produk yang dihasilkan daerah tersebut.

Dapat dikatakan bahwa pasar daerah adalah pasar yang melayani permintaan dan penawaran hanya dalam satu daerah saja.

Jadi barang produksi dari daerah tersebut akan dijual kembali ke daerah tersebut kembali.

  • Pasar lokal

Suatu pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk tersebut dihasilkan yang yang dapat memenuhi permintaan dan penawaran dalam satu kota.

  • Pasar nasional

Klasifikasi pasar yang satu ini adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat produk tersebut dihasilkan yang memenuhi permintaan dan penjualan dari dalam negeri.

  • Pasar internasional

Pasar yang membeli dan menjual produk dari berbagai negara di seluruh dunia, contohnya pasar kopi di Santos, Brazil.

6. Jenis-jenis pasar menurut bentuk dan strukturnya

  • Pasar persaingan sempurna

Disebut juga pasar persaingan murni, merupakan adanya banyak pembeli dan penjual dan dan biasanya mereka sudah mengetahui keadaan pasar tersebut.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna:

    • Banyak penjual dan pembeli
    • Harga ditentukan oleh pasar
    • Barang yang dijual sejenis
  • Pasar persaingan tidak sempurna

Klasifikasi pasar ini kebalikan dari pasar persaingan sempurna Yaitu pasar yang terdiri atas sedikit penjual, namun banyak pembeli.

Pada pasar persaingan tidak sempurna, penjual tidak dapat menentukan harga barang dan barang yang diperjualbelikan heterogen atau berbagai jenis barang.

Pasar persaingan tidak sempurna memiliki beberapa bentuk, diantaranya:

    • Pasar persaingan monopolistik
    • Pasar oligopoli
    • Pasar monopoli

Baca Juga : 7 Daftar Bentuk-Bentuk Perusahaan yang Ada di Indonesia

Kesimpulan

Artikel pembahasan tentang klasifikasi pasar dan informasi selengkapnya mengenai pasar dan artikel.

Terima kasih sudah membaca artikel klasifikasi pasar semoga memberikan banyak ilmu dan wawasan tambahan kepada anda mengenai klasifikasi.

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.