Artikel kali ini akan membahas seputar customer service meliputi pengertian, tugas, fungsi, tujuan, dan jobdesk yang dimiliki oleh customer service.
Ketika anda memiliki keluhan terhadap suatu produk atau layanan jasa dari sebuah perusahaan atau instansi, biasanya anda akan meminta untuk menghubungi layanan customer service atau layanan pelanggan untuk mengakomodir keluhan tersebut.
Petugas customer service banyak dijumpai di kantor layanan publik seperti perusahaan komunikasi, perbankan, jasa transportasi, jasa transportasi darat, dan perusahaan jasa lainnya.
Lalu apa saja jobdesk yang dimiliki oleh seorang customer service dalam sebuah perusahaan?
Untuk penjelasan lebih lanjut, akan dibahas di ulasan di bawah ini.
Customer service
Pengertian customer service secara sederhana adalah sebuah layanan yang disediakan perusahaan dengan tugas sebagai sarana konsultasi, pemecahan masalah, dan pusat informasi bagi para pelanggan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pelayanan berarti upaya melayani kebutuhan orang lain untuk memperoleh imbalan, sementara customer diartikan sebagai pelanggan atau konsumen atau pemakai barang hasil produksi atau jasa.
Jadi, bisa disimpulkan arti kata-kata yaitu usaha proses atau kegiatan melayani kebutuhan para pengguna barang atau jasa yang ditawarkan.
Agar memberikan pelayanan yang memuaskan untuk para pelanggan, setiap customer service harus memahami dan menguasai cara kerja sesuai standar perusahaan seperti berikut ini:
- Berpenampilan bersih dan rapi.
- Menggunakan seragam yang sesuai dengan standar perusahaan.
- Memberikan kesan yang memikat bagi para konsumen atau calon konsumen.
- Bersikap akrab, ramah, dan percaya diri ketika melayani para pelanggan.
- Menunjukkan raut wajah yang menarik, tulus, ceria, dan tidak dibuat-buat.
- Customer service harus terbiasa menyapa para pelanggan terlebih dahulu dengan bahasa yang sopan dan lembut.
- Customer service juga perlu menyebutkan nama pelanggan agar lebih akrab dan menunjukkan sikap menghargai.
- Mendengarkan segala kebutuhan dan serta para pelanggan dengan sabar, sopan, dan seksama.
- Menanggapi dan membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan dengan tenang, kepala dingin, profesional, dan tidak terburu-buru.
- Memberikan jawaban serta penjelasan sesuai dengan informasi yang baik dan benar, jangan lupa menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para pelanggan.
- Bersemangat menunjukkan kemampuan profesionalisme di dalam pekerjaannya.
- Memberikan pelayanan yang prima untuk memahami keinginan dan keluhan serta menyediakan kebutuhan para pelanggan.
- Tidak menyela atau memotong pembicaraan pelanggan.
- Menghindari penggunaan kalimat, sindiran, teguran, dan menimbulkan perdebatan karena sejatinya pelanggan adalah raja.
- Meyakinkan pelanggan dengan kalimat persuasif dan penjelasan yang logis.
- Jika permasalahan yang dihadapi pelanggan tidak bisa diatasi, customer service boleh meminta bantuan kepada pegawai lainnya yang lebih menguasai bidang tersebut untuk mendapatkan bantuan.
- Jika pelanggan belum bisa dilayani keluhannya, pegawai customer service sebaiknya meminta permohonan maaf dan pengertian untuk para pelanggan, jelaskan juga alasan dan beri tahu kapan layanan bagi pelanggan tersebut bisa dilayani.
Baca Juga : Contoh Distributor : Pengertian, 7 Fungsi, dan 3 Jenis
Kashmir
Customer service merupakan seluruh kegiatan untuk memuaskan nasabah melalui pelayanan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah.
Philip kotler
Pelayanan adalah manfaat atau kegiatan yang diberikan pihak yang satu kepada pihak yang lain tanpa wujud dan tidak berakibat pada kepemilikan sesuatu, atau dengan kata lain tidak berhubungan dengan produk fisik.
Institute of customer service
Customer service merupakan total jumlah yang dilakukan organisasi untuk memenuhi harapan pelanggan dan dalam rangka menghasilkan kepuasan para pelanggan.
Situs co.uk
Customer service merupakan layanan yang diberikan untuk pelanggan sebelum, selama, dan sesudah membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Fungsi customer service
Memberikan pelayanan terhadap permasalahan dan keluhan pelanggan
Sebagai penerima tamu baik para pelanggan, supplier, calon pelanggan, atau pihak lainnya, maka dari itu customer service ditempatkan di bagian paling depan suatu perusahaan.
Selalu memberikan informasi yang dibutuhkan para pelanggan dengan penuh perhatian dan sopan.
Sebagai customer relation officer yang menjalin hubungan baik dengan para pelanggan agar mereka merasa puas, senang, dan mempercayai jasa yang ditawarkan perusahaan menggunakan bahasa persuasif agar para pelanggan tetap bertahan menggunakan jasa layanan yang perusahaan tawarkan.
Sebagai komunikator atau penghubung antara perusahaan dengan para pelanggan atau pihak luar lainnya dalam rangka menjaga kepentingan perusahaan.
Customer service siap menerima keluhan, keberatan, dan bersedia menjadi tempat konsultasi para pelanggan.
Sebagai deskman yang melayani berbagai jenis permohonan yang diajukan oleh para klien atau pelanggan, mulai dari mengisi formulir hingga membentuk kelengkapan data sebagai persyaratan untuk menikmati jasa layanan yang ditawarkan perusahaan.
Sebagai salesman atau bagian pemasaran yang turut menentukan kesuksesan perusahaan, salah satunya menjelaskan informasi terkait barang atau jasa yang ditawarkan agar para calon pelanggan tertarik dan akhirnya membeli atau menggunakan jasa atau barang layanan perusahaan tersebut.
Tugas customer service
Menjadi perantara pelanggan Dan perusahaan dengan meneruskan keluhan pelanggan kepada pihak Manajemen perusahaan agar bisa dilakukan perbaikan.
Memberikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami kepada para pelanggan dari berbagai jenis kalangan.
Mengatasi keluhan dan menyelesaikan permasalahan pelanggan agar tetap loyal kepada perusahaan terkait pembelian barang atau jasa.
Menjawab pertanyaan berkaitan dengan kebijakan, prosedur, dan aturan yang berlaku di perusahaan.
Menjaga hubungan baik perusahaan dengan para pelanggan.
Menjaga citra perusahaan dengan memberikan pelayanan customer service yang ramah, profesional, dan sopan.
Keahlian yang harus dimiliki customer service
- Kemampuan berkomunikasi yang baik.
- Memiliki sikap sabar dan penuh perhatian terhadap setiap keluhan.
- Memiliki pengetahuan yang baik terkait produk atau jasa yang ditawarkan.
- Memiliki keterampilan berakting dan mengontrol emosi.
- Memiliki kemampuan membaca situasi pelanggan.
- Memiliki keterampilan pengelolaan waktu yang baik agar dapat bekerja efisien.
- Memiliki keterampilan persuasif dalam menyakinkan para calon pelanggan.
Baca Juga : Multimedia Adalah : Pengertian dan 10 Prospek Karir
Kesimpulan
Itu dia penjelasan mengenai customer service meliputi pengertian tugas fungsi tujuan dan jobdesk yang dimiliki oleh para customer service.
Meskipun banyak orang yang menyepelekan pekerjaan ini karena terlihat mudah, tetapi pada kenyataannya tugas dan kewajiban seorang customer service sangat tidak ringan karena jobdesk yang mereka emban cukup banyak.
Dan dalam hal ini tentu saja menuntut tanggungjawab yang besar untuk memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan bagi para pelanggan terkait suatu perusahaan.
Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa lagi di kesempatan yang lain.