Contoh Press Release – Pada artikel kami ini dikhususkan untuk anda yang masih bingung cara membuat press release yang baik dan benar khususnya jika anda bekerja sebagai seorang staf public relation.
Contoh press release yang baik dan benar bisa membantu anda untuk menyiapkan informasi tentang perusahaan kepada media atau jurnalis sesuai dengan kenyataan dan informasi yang akurat.
Untuk itu, anda sudah datang ke tempat yang benar karena anda bisa lihat contoh press release perusahaan di bawah ini yang bisa anda jadikan sebagai rujukan dalam pembuatan siaran pers.
Lalu apa itu press releas?
Untuk penjelasan selengkapnya, simak pembahasan di bawah ini.
Press release
Press rilis merupakan informasi yang dibuat atau disusun oleh seorang public relation atau humas atau bagian Hubungan Masyarakat di dalam sebuah perusahaan, organisasi, instansi untuk surat kabar atau media massa yang tujuannya akan disampaikan kepada publik atau khalayak ramai.
Press rilis disebut juga dengan siaran pers atau rilis atau pers rilis.
Pengertian sederhananya, press release merupakan berita untuk surat kabar atau media massa.
Seperti pengertian press release yang disampaikan oleh Google bahwa press rilis merupakan pernyataan resmi yang berisi masalah tertentu untuk surat kabar.
Apa pentingnya mengeluarkan contoh press release?
- Bisa jadi karena instansi atau perusahaan tersebut memiliki kebijakan baru.
- Mengklarifikasi masalah tertentu terkait isu yang beredar.
- Memiliki layanan yang penting untuk diketahui oleh publik.
- Melakukan promo Layanan terbaru dari produk atau jasa layanan yang mereka tawarkan.
- Memperkuat informasi akurat terkait perusahaan secara resmi.
Struktur contoh press release
Untuk membuat contoh press release, anda memerlukan teknik piramida terbalik seperti dibawah ini:
- Judul
- Teras
- Isi
Bisa juga ditambahkan dengan nama perusahaan atau instansi mana yang mengeluarkan informasi terkait di bagian atas judul.
Bisa berupa nama atau logo perusahaan, kemudian dilanjutkan tulisan press release atau siaran berita dibawahnya.
Setelah itu judul press release.
Judul ditulis mewakili apa yang tertera di dalam isi tulisan press release.
Di bagian teras press release, disarankan mengedepankan subjek atau pelaku dengan menjawab pertanyaan berikut ini:
- Siapa melakukan apa
- Di mana
- Kapan
- Kenapa
- Bagaimana; penjelasan unsur kenapa dan bagaimana
Pada bagian isi karena anda menggunakan teknik penyusunan piramida terbalik, maka bagian yang dianggap paling penting diletakkan di bagian paling atas.
Kemudian secara berurutan ditulis seperti di bawah ini:
- Bagian penting
- Bagian umum
- Bagian kurang penting
- Bagian atas naskah menjelaskan apakah naskah tersebut akan ditayangkan segera atau pada tanggal tertentu.
- Gunakan headline atau judul press release yang menggambarkan isi press release tersebut.
- Pada baris tanggal, tambahkan nama kota serta tanggal.
- Jangan cantumkan informasi berkaitan dengan instansi atau lembaga yang mengeluarkan press release di bagian akhir naskah.
- Berikan informasi kontak di bagian akhir.
- Cantumkan nama, alamat instansi,fax, nomor telepon, email, serta situs dan contact person yang bisa dihubungi.
Baca Juga : Klasifikasi Pasar : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis & Fungsi
Contoh press release
1. Contoh press release produk
Contoh press release produk atau siaran pers peluncuran produk harus menekankan hal-hal inovatif yang ada di dalam produk tersebut.
Karena tanpa adanya inovasi, contoh press release produk yang anda buat tidak akan menarik bagi para jurnalis karena kurang mengangkat press release menjadi berita.
Format penulisan press release produk masih sama dengan format press release lainnya, berikut format press release peluncuran produk yang harus anda ketahui.
Foto atau video produk yang menarik, menampilkan sisi positif dan keunggulan dari produk tersebut, jika perlu, tambahkan animasi relevan sebagai pemanis.
Judul dibuat semenarik mungkin sehingga menarik perhatian terkait produk yang akan diluncurkan.
Dateline – menyatakan tanggal, bulan, dan tahun untuk menginformasikan kepada para audiens bahwa produk tersebut memang baru.
Lead – berisi gambaran singkat produk termasuk didalamnya menjawab pertanyaan 5W 1H.
Isi menjelaskan informasi produk tentang gambaran detail, keunggulan, fitur yang dijelaskan dalam bahasa yang singkat, padat, namun jelas.
Informasi perusahaan juga perlu dituliskan kan agar mempermudah para jurnalis memahami Bidang sains perusahaan yang mengeluarkan contoh press release produk tersebut.
Di bagian ini public relation perusahaan harus mengisi nomor kontak dan bisa dihubungi oleh para jurnalis untuk meminta informasi selengkapnya jika diperlukan.
Contoh press rilis produk
2. Contoh press release kegiatan
Contoh press release kegiatan berbeda dengan press release peluncuran, setidaknya ada empat jenis tujuan kegiatan yang harus anda ketahui di bawah ini:
- Press release kegiatan tertutup
Press release kegiatan tertutup yang akan datang dan perusahaan bermaksud mengundang para jurnalis atau sekedar mengumpulkan akan berlangsungnya saja.
- Press release kegiatan terbuka
Press release kegiatan terbuka yang akan datang dan perusahaan bermaksud mengundang media untuk menjadi para audiensnya.
Format penulisan press release kegiatan hampir sama dengan format press release peluncuran produk seperti yang sudah disebutkan di atas.
Contoh press release kegiatan
Baca Juga : Basis Data : Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contoh Kasus
Kesimpulan
Itu dia beberapa contoh press release yang bisa anda jadikan referensi berpedoman pada format dan juga struktur piramida terbalik yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Dengan berpedoman pada format dan struktur piramida terbalik, akan memudahkan anda dalam pembuatan press release kegiatan apapun yang hendak anda buat.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari contoh press release, selamat mencoba dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.